Berlibur

Air Terjun Luweng Sampang

setopratama

Adventure

No comments

April 30, 2016

Selaincurug Indah Tegalrejo, ternyata kecamatan Gedangsari, Gunungkidul mempunyai curug lain. Masyarakat sekitar menamakannya Luweng Sampang.

Curug Luweng Sampang ini tidak cukup tinggi, tingginya hanya sekitar 5 meter. Namun Luweng Sampang memiliki keunikan tersendiri yaitu dari garis-garis alami yang terbentuk di bebatuannya mirip seperti di Antelope Canyon, Amerika Serikat atau di film 127 Hours. Namun yang membedakannya adalah warna bebetuannya.

Sesuai namanya, Luweng sampang terletak di desa Sampang tepatnya di dusun Karangasem, desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Untuk menuju kesini dari Jogja lebih mudah jika lewat jalan Solo, karena jika lewat Gunungkidul anda akan menempuh jalan naik-turun dan berkelok-kelok. Dari Jogja bisa melewati jalan Jogja-Solo ke arah Stasiun Srowot. Ikuti jalan tersebut menuju arah kecamatan Ganti Warno. Ikuti arah jalan tersebut kira-kira ke arah tenggara nanti anda akan sampai ke desa Sampang ini. Jika anda merasa bingung jangan malu bertanya kepada warga sekitar yang ada disana.

Sesampainya di luweng sampang kami segera turun menuju ke bawah sungai. Kita bisa turun ke bawah dengan menuruni luweng sampang atau susur sungai dari bawah. kami memilih untuk susur sungai karena saat itu batuan luweng sampang sedang basah dan licin.

Sesampainya di depan Luweng Sampang kami cobba mengambil gambar dan mengamati garis-garis unik bebatuan yang terbentuk entah bagaimana namun yang kami yakinin garis-garis ini terbentuk secara alami.

nb : mengunjungi Luweng Sampang baiknya saat akhir musim hujan, karena ketika musim kemarau air di luweng ini sedikit bahkan bisa sampai kering.

Sumber : catatannobi.com

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *