Berlibur

WISATA SEJARAH DI KOTA JOGJA

berlibur

Havefun

No comments

November 29, 2018

Kota Yogyakarta dengan segala keindahannya selalu menjadi tujuan berlibur favorit. Berlibur dengan keluarga atau teman bisa menjadi sangat menyenangkan bila berwisata ke tempat-tempat bersejarah, selain menikmati keindahan lokasi wisata, kita juga bisa mempelajari sejarahnya.

Berikut beberapa lokasi wisata bersejarah yang bisa kita kunjungi di kota Jogja:

  1. KERATON YOGYAKARTA
Source: Google

Terletak di jantung kota Yogyakarta, Keraton Yogyakarta menjadi salah satu objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Keraton Yogyakarta didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan pasca perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Keraton Yogyakarta memiliki berbagai warisan budaya baik berbentuk upacara maupun benda-benda kuno bersejarah. Saat ini, Keraton Yogyakarta menjadi lokasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara di Yogyakarta. Wisatawan dapat melihat berbagai benda-benda kuno seperti keramik, batik kuno, gamelan, lukisan dan benda-benda lainnya.

Keraton Yogyakarta bisa dikunjungi oleh wisatawan setiap hari mulai pukul 09.00 14.00 WIB. Pada hari Jumat, Keraton Yogyakarta tutup pukul 11.00 WIB. Harga tiket masuknya adalah Rp. 5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 15.000 untuk wisatawan asing. Wisatawan yang berkunjung ke Keraton Yogyakarta juga bisa menyaksikan pertunjukan seni seperti macapat, gamelan, wayang orang, wayang golek menak, wayang kulit dan tari srimpi yang digelar di Bangsal Manganti. Pertunjukan ini dimulai pukul 10.00 WIB untuk hari Senin Kamis, pukul 09.00 untuk hari Jumat, dan pukul 09.30 untuk hari Minggu.

  1. TAMAN SARI
Image result for taman sari yogyakarta
Source: Google

Taman sari atau Istana Air Taman Sari Yogyakarta terletak tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Dahulu tempat ini merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan serta menjadi benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Istana Air Taman Sari ini memiliki luas lahan yang pada awalnya sebesar 10 hektar dengan 57 bangunan di dalamnya. Tempat ini menjadi tempat pemandian Putri Raja dan Permaisuri pada zaman dahulu. Saat ini Taman Sari telah menjadi tempat wisata yang cukup populer di kota Jogja.

Harga tiker masuk Taman Sari untuk hari Senin sedangkan Minggu adalah Rp 5.000 (per orang) untuk wisatawan lokal, Rp 7.000 (per orang) untuk wisatawan asing, dan Rp 25.000 (per orang + tour guide). Jam buka wisata Taman Sari adalah jam 08.00 14.00 WIB.

  1. CANDI PRAMBANAN
Image result for candi prambanan
Source: Google

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Candi ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai Candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter, menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil.

Harga tiket masuk candi prambanan untuk Domestik Dewasa adalah Rp 40.000 (per orang) dan Domestik Anak Rp 20.000 (per orang), sedangkan untuk Asing Dewasa USD 18 (per orang) dan Asing Anak USD 9 (Per orang). Jam Operasionalnya adalah Senin sampai Minggu jam 06.00 17.00 WIB.

  1. MUSEUM ULLEN SENTALU
Image result for ullen sentalu
Source: Google

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Slema, Yogyakarta ini menyajikan seni serta budaya jawa. Terletak di kaki gunung Turgo, Merapi, dan Plawangan, udara sejuk pegunungan dapat anda rasakan saat berkunjung ke museum ini. Berkunjung ke Museum Ullen Sentalu ini dapat menjadi sarana belajar serta berwisata bersama keluarga dan teman-teman anda. Museum Ullen Sentalu merupakan museum terbaik di Indonesia. Saat anda bekunjun ke museum ini, anda akan dipandu dengan pemandu yang akan menjelasakan secara rinci mengenai isi museum.

Museum Ullen Sentalu tutup pada hari Senin, jam buka pada hari Selasa sampai jumat adalah jam 08.30 sampai 16.00 WIB, dan Sabtu sedangkan Minggu pada jam 08.30 sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuk untuk pengunjung domestik Dewasa adalah Rp 30.000, dan anak-anak (5-16 th) adalah Rp 15.000. Untuk pengunjung mancanegara Dewasa adalah Rp 50.000, dan anak-anak (5-16 th) adalah Rp 30.000.

Itulah beberapa lokasi wisata sejarah yang dapat anda kunjungi saat berada di Jogja. Saat berkunjung ke Jogja Anda bisa memilih Homestay sebagai pilihan menginap. Apabila berwisata besama keluarga serta teman-teman dengan jumlah cukup banyak, maka Homestay bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Homestay menyediakan fasilitas yang lebih lengkap. Anda bisa merasakan pengalaman menginap seperti berada di rumah sendiri.

Janitra Homestay memberikan fasilitas yang cukup lengkap bagi Anda sekeluarga. Terletak di pusat kota Jogja. Lingkungan yang asri, sunyi dan nyaman membuat istirahata serta liburan Anda terasa menyenangkan. Kemudahan akses transportasi menuju lokasi Homestay serta menuju objek wisata di Jogja membuat Janitra Homestay cocok bagi wisatawan yang mencari tempat menginap yang murah serta strategis.

Untuk Reservasi dapat menghubungi:

0821.8686.0330 Call/SMS/WA (24 jam)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *